UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN


Terakreditasi B
Untuk Info lebih lanjut silakan kunjungi laman https://unwidha.ac.id
Alamat:     Jl. Ki Hajar Dewantoro No.Desa, Macanan, Karanganom, Kec. Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57438, Indonesia



Untuk memperjelas arah pengelolaan dan pengembangan lembaga, Visi, Misi dan Tujuan dari lembaga telah ditentukan. Hal ini tertuang dalam surat keputusan Senat Universitas Widya Dharma Nomor 08/SU-Unwidha/II/2013 Tanggal 5 Februari 2013 Tentang Penetapan Visi, Misi dan Tujuan.

VISI
Menjadi Universitas yang Berkarakter Untuk Kesejahteraan Bangsa Berlandaskan Multikultur.

MISI

Menyelenggarakan sistem kelembagaan dan tata kelola universitas yang bersih, sehat, dan bermartabat.Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang dinamis serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berdasarkan multikultur.Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada penemuan baru serta pengembangan di bidang ilmu, teknologi, dan seni yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur


TUJUAN

Terciptanya suasana akademik yang dinamis sehingga dapat menghasilkan lulusan, tenaga akademik, profesi, dan vokasi yang berkompeten, berkualitas, dan berkarakter.Terwujudnya hasil karya penelitian yang adaptif dan mampu memenuhi tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.Terwujudnya komunitas binaan yang mampu menjadi panutan dan pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi masyarakat umum.


Sejarah Berdirinya Unwidha



Kampus Universitas Widya Dharma Klaten terletak di Jl. Ki. Hajar Dewantoro,Klaten Utara, Klaten (Jalan Raya Klaten-Solo Km-3) menempati lahan seluas 7,5 ha dengan luas bangunan +/- 5.500 m2.
Pada awalnya Universitas Widya Dharma Klaten adalah Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) YP yang didirikan sejak tahun 1969, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dinamis dan terus berkembang dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maka sejak tahun 1994 berubah bentuk menjadi Universitas Widya Dharma Klaten yang mendapat ijin penyelenggaraan dari Menteri Pendidikan Nasional RI dengan SK Menteri No. 104/D/Q/1994 tanggal 19 Desember 1994.
Pada tahun 2006  mengembangkan Pendidikan Pascasarjana Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 1885 tanggal 7 juni 2006, dan perpanjangan ulang ijin penyelenggaraan berdasarkan SK Dikti Nomor: 4154/D/T/2008.

Fakultas Yang Terdapat di Universitas Widya Dharma

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik mempunyai 2 Jurusan , yaitu :
  • Jurusan Teknik Elektro
  • Jurusan Teknik Sipil

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi mempunyai 2 Jurusan , yaitu :
  • Jurusan Manajemen
  • Jurusan Akuntansi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas KIP mempunyai 6 Jurusan , yaitu :
  • Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia & Daerah
  • Jurusan PBSID, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Jawa
  • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
  • Jurusan Pendidikan Geografi
  • Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Jurusan Pendidikan Matematika

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi mempunyai 1 Jurusan , yaitu :
  • Jurusan Psikologi

Fakultas Teknologi Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian Unwidha Klaten mempunyai 1 Jurusan/Prodi yaitu TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN (THP).
Di jurusan/prodi THP Unwidha, mahasiswa akan mendapat bekal ilmu mengenal sifat fisiko-kimia bahan pertanian secara luas yang meliputi pertanian perkebunan, perikanan, peternakan, kelautan dan mikro organisme.
Dengan mengenal sifat bahan, maka lulusan THP Unwidha diharapkan mampu untuk menangani, mengolah dan melakukan penganeka-ragaman bahan pangan, sehingga akan dihasilkan produk pangan yang mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi dan memenuhi syarat dengan memperhatikan aspek kemanan pangan, gizi, kesehatan dan estetika (penampilan).
Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, beberapa mata kuliah yang disajikan antara lain:
  • Teknologi Buah dan Sayur
  • Teknologi Legume dan Serealia
  • Teknologi Daging dan Ikan
  • Teknologi Susu
  • Teknologi Fermentasi
  • Mikrobiologi Pengolahan
  • Pengembangan Produk
  • Pengemasan
  • Kewirausahaan

Fakultas Ilmu Komputer

Fakultas Ilkom mempunyai 2 Jurusan , yaitu :
  • Jurusan Teknik Informatika
  • Jurusan Manajemen Informatika

Fasilitas di Unwidha

Sarana dan Prasarana 

Untuk mendukung pencapaian visi, misi tujuan dan sistem penyelenggaraan pendidikan diperlukan infrastruktur yang memadai. Sarana dan prasarana universitas meliputi perangkat keras, perangkat lunak, tanah, gedung dan instalasinya yang berfungsi untuk menunjang dan memperlancar pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diperoleh dari pemerintah, masyarakat maupun bantuan dalam dan luar negeri yang tidak mengikat. Pengelolaan sarana dan prasarana diatur dengan ketentuan Pimpinan Universitas.

Laboratorium Komputer

Di dalam Laboratorium Komputer yang luasnya ± 50 m2 mahasiswa dan dosen dapat melatih ketramplian dalam bahasa pemrograman, antarmuka komputer, menggambar teknik elektro, tidak hanya berlatih mengoperasikan komputer tetapi juga bisa mengakses informasi melalui jaringan internet. Dengan demikian, dosen dan mahasiswa bisa mendapatkan referensi untuk mengajar dan mengadakan kegiatan-kegiatan lainnya.

Laboratorium Elektronika & Digital

Laboratorium Elektronika & Digital dengan luas ± 80 m2 memungkinkan mahasiswa melatih diri untuk meningkatkan ketrampilan dalam bidang elektronika, digital, sistem telekomunikasi, sistem mikroprosessor, teknik audio video. Laboratorium ini dimanfaatkan untuk kegiatan praktikum dan perancangan baik untuk mata kuliah maupun digunakan oleh dosen maupun mahasiswa untuk penelitian.

Laboratorium Bahasa

Laboratorium Bahasa yang luasnya ± 84 m2 merupakan tempat pembelajaran bahasa Inggris yang representatif. Di dalam Laboratorium Bahasa mahasiswa dan Dosen dapat melatih ketrampilan berbahasa dengan fasilitas master, booth yang jumlahnya 40, TV, VCD, loudspeaker luar, dan beberapa perangkat lunak berupa kaset dan VCD/CD menurut kebutuhan dosen dan mahasiswa.

Laboratorium Sistem Tenaga Listrik

Laboratorium Sistem Tenaga Listrik yang luasnya ± 80 m2 merupakan tempat pembelajaran praktik yang representatif. Di dalam Laboratorium Sistem Tenaga Listrik mahasiswa dan dosen dapat melatih ketrampilan dalam bidang Instalasi Listrik Penerangan, Instalasi Mesin Mesin Listrik, Mesin-mesin Listrik, Automasi Industri dan Proteksi Listrik. Laboratorium ini selain digunakan untuk perkuliahan praktikum juga digunakan dosen dan mahasiswa untuk penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk temen-temen yang mungkin ingin kuliah silakan mendaftar segera ke unwidha, karena kita harus memperjuangkan pendidikan sebaik mungkin. Universitas Widya Dharma menyediakan fasilitas dan sarana prasana dengan baik. Banyak alumni Unwidha yang sekarang telah sukses mencapai impiannya walaupun dulunya beliau kuliah diuniversitas swasta. Universitas menjadi universitas terbaik di Klaten. Di Universitas ini, juga diberlakukan pendidikan pagi dan malam. Jadi bagi temen-temen yang sedang bekerja tetapi ingin tetap melanjutkan pendidikannya Universitas kami sangat membantu dalam hal itu. Tunggu apa lagi temen-temen silakan kunjungi kampus tercinta kami, bergabung dengan kami untuk memajukkan pendidikan di Indonesia.Untuk yang terakhir kita persembahkan video pengalaman kami saat menikuti pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru tahun kemarin. silakan menikmati......


Referensi Sumber :
youtube.com/PKKMB Unwidha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPERATIVE , PROHIBITION , AND REQUEST

Bingung PTN/PTS?